Selasa, 14 Mei 2013

REVIEW Novel Terjemahan Korea: My Name is Kim Sam Soon by Ji Su Hyun

My Name is Kim Sam Soon

Namanya Kim Sam Soon, nama yang sungguh kampungan. Sam Soon sangat membenci nama itu selama 29 tahun hidupnya. Karena saat dilahirkan, Kakeknya sangat marah akhirnya ia di beri nama seperti itu. Dari sinilah Sam Soon merasa namanya membawa sial. Kesialan itu benar-benar tanpa akhir! Tak hanya ditertawakan orang saat namanya disebut, tapi ia kini diputuskan dan dihianati oleh pacarnya di usianya yang hampir 30 tahun. 

“Bagi wanita berusia 30 tahun, lebih mungkin terkena ledakan bom atom daripada menemukan pria yang tepat”

Sam Soon benar-benar tidak beruntung! Saat patah hati seperti itu pun ia masih harus mengikuti perjodohan yang dilakukan ibunya dan berakhir sial, yaitu terjebak dalam kamar mandi pria dengan bra-nya yang robek. Saat itu pula seseorang pria memergokinya, pria yang sebelumnya juga melakukan perjodohan dan sengaja mengusir wanita itu dengan kasar.  

“Aku harus mengganti namaku menjadi Kim Hee Jin!”

Hari-hari benar-benar melelahkan bagi Sam Soon. Ia dipertemukan kembali dengan mantannya yang ternyata akan bertunangan dengan musuhnya saat SMA dulu. Mereka berdua memesan kue pertunangan di tempat Sam Soon bekerja. Kemarahan Sam Soon ia lampiaskan ke kue pertunangan yang ia bubuhi dengan bubuk cabai dan berakhirlah ia tanpa perkerjaan.

Penderitaan tanpa akhir! Saat ia berlatih mengemudi, mobilnya menabrak mobil mewah yang pemiliknya adalah lelaki psyco itu. Laki-laki yang menugusir teman wanitanya saat perjodohan dan memergokinya setengah telanjang di kamar mandi. Namun tak di sangka, pertemuan sial itu membawa Sam Soon ke pekerjaannya. Laki-laki itu, Jang Do Young, adalah pemilik restoran dan membutuhkan patissier.

 Saat Sam Soon menikuti acara perjodohan berikutnya, ia menemukan laki-laki yang cocok. Ia merasa duia mulai berpihak padanya, tapi tiba-tiba lelaki psyco yang juga bosnya itu menarik lengan Sam Soon dan mengaku kalau dia adalah pacarnya. Benar-benar tidak adil! Bagi Do Young perjodohan ini mungkin lelucon tapi bagi Sam Soon adalah segalanya. Ia benar-benar marah dan menghabiskan sisa hari itu dengan minum soju.

Berita Do Young memiliki kekasih bernama Sam Soon itu sampai di telinga ibu Do Young. Pagi harinya saat Sam Soon berada di apartemen Do Young (setelah semalaman ia tak sadarkan diri), ibu Do Young memergokinya. Karena kesalahpahaman itu, Do Young menawarkan kontrak agar Sam Soon mau menjad pacar bohongannya. Awalnya Sam Soon menolak, tapi tiba-tiba ia membutuhkan banyak uang karena rumahnya akan segerah di sita. Akhirnya, Sam Soon resmi menjadi pacar pura-pura Do Young.

Kontrak itu membuat keduanya menjadi lebih dekat. Tapi saat semuanya berjalan mulus, mantan pacar Do Young kembali. Rahasia masa lalu Do Young pun mulai di ketahui Sam Soon. Ia benar- benar tak mengerti karena saat itu pula dirinya mulai menyukai Do Hyun. 

Sam Soon benar-benar membenci namanya dan juga hidupnya. Ia tidak diberikan pilihan apapun dari awal. Lalu apakah ia juga di tidak beri kesempatan untuk memilih sampai akhir?

Novel ini ditulis oleh Ji Su Hyun dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Haru Juni 2012 dengan tebal halaman 384 halaman. Kisah Kim Sam Soon ini sudah pernah di angkat menjadi serial drama mini Korea tahun 2005 dengan judul My Lovely Sam Soon.  Novel ini selain mengajarkan kita tentang cinta, juga menanamkan bagaimana prinsip hidup itu harus tetap di pegang. Tak hanya kisah cinta yang romantis tapi juga lucu dan mengharukan.

Selamat Membaca!  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar