Minggu, 10 April 2011

Pantai Ngobaran, Keserasian Alam dan Budaya Indonesia

Ngobaran Beach 10th August 2010

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang ada di Gunungkidul Yogyakarta, 2 Km sebelah barat dari Pantai Ngrenehan. Pantai ini merupakan salah satu bukti dan wujud dari ke-multikulturan Indonesia, ini ditunjukkan dengan adanya tempat ibadah agama Islam, Hindu dan sebuah aliran kepercayaan Kejawen. Selain masjid unik yang menghadap ke selatan (akan tetapi dalam pelaksanaan ibadahnya tetap menghadap ke barat/kiblat) di sana juga terdapat tempat ziarah leluhur cikal bakal bangsa Indonesia dan Kamuksan Prabu Brawijaya V Raja Majapahit VII.


salah satu patung
di komplek pantai ngobaran
Selain latar balakang sejarah yang menjadi daya tarik pantai ini juga karena pemandangan laut yang eksotik. Perpaduan antara ombak dan terumbu karang yang menjulang tinggi dan terbentuk secara alami oleh abrasi alam menjadi keindahan tersendiri di pantai yang memiliki corak kebudayaan asli Indonesia ini. Pantai yang berpasir putih terjalin bersamaan dengan hamparan alga hijau  maupun coklat (rumput laut) yang tumbuh di sepanjang pantai , menjadi salah satu mata pencahariaan penduduk sekitar.

Fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari tempat ibadah, rumah makan yang mendiakan kuliner laut, tempat parkir, jalan setapak menuju bukit, serta tak lupa toilet dan kamar mandi. Harga tiket masuk hanya Rp 3.000 tentu sangat murah bila ditebus dengan keindahan alam dan budaya yang ditawarkan di pantai ini.


Yogyakarta, 10 Agustus 2010
By: AI, ANG, NNT, VJ, LUCY, JOE
by: komunitas anak nyasar
pura at ngobaran beach

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar