Rabu, 10 Oktober 2012

Kajian Geografi Regional : KEPULAUAN CHANNEL


KEPULAUAN CHANNEL
Nah kan lagi lagi sharing tugas kawan... Awalnya aku sangat syok sekali mendapatkan negara ini? Why? Karena ini baru pertama kalinya aku dengar tentang kepulauan ini. Tapi setelahnya aku bersyukur karena tau "ada" negara ini di tengah mewahnya benua eropa yang kita kenal selama ini. Kepulauan Channel merupakan negara gabungan dari Guerney dan Jersey

Kepulauan Channel, terletak di antara pantai selatan Inggris dan Perancis utara. Letak astronomisnya meliputi 50°LU - 61°LU dan 11°BB - 15°BB . Kepulauan Channel (Norman: Iles d'la Manche, Perancis: iles Anglo-Normandes atau iles de la Manche) adalah sebuah kepulauan Inggris Dependensi Crown di Selat Inggris, di lepas pantai Perancis Normandia. Mereka terdiri dari dua bailiwicks terpisah: daerah kekuasaan Guernsey dan daerah kekuasaan Jersey dan juga kepulauan kecil lainnya. Luas total pulau adalah 194 km ².
sumber : http://www.wannasurf.com

A. GUERNSEY
I. Kajian Fisik
1. Lithosfer 
Pulau Guernsey terletak Pada 49 ° 28'N dan 2 ° 35'W. Bersama Alderney, Guernsey, Herm, Sark, dan beberapa pulau kecil lainnya memiliki Luas wilayah  78 km² dengan garis pantai sepanjang 48 km. Selain pulau Guernsey, terdapat sebuah pulau air pasang dan pulau ini terhubung dengan Guernsey oleh jembatan buatan ketika air laut surut, pulau ini bernama Lihou. Pulau Guernsey sendiri memiliki total luas 25 mil persegi (65 km 2 ). 
Sebagian besar topografi  wilayah Guernsey berupa dataran dengan bukit-bukit rendah di barat daya. Ketinggian bervariasi di seluruh daerah, dari titik 0 permukaan laut sampai ketinggian 375 ft (114 m) di Le Moulin di Sark. Titik tertinggi di daratan Guernsey adalah Hautnez 363 ft/111 m, di Alderney yaitu Le Rond Tapi 306 ft/93 m, di Jethou 248 ft/76 m, dan Herm 322 ft/98 m.  
Guernsey berisi dua wilayah geografis utama, yaitu Pas Haut, dan Pas Bas. Pas Haut merupakan sebuah plateau selatan yang tinggi, dan Pas Bas adalah merupakan wilayah bagian utara yang berupa dataran rendah dan berpasir. Wilayah Guernsey terbentuk ketika permukaan air laut pasang. Saat itu, Guernsey terletak di ujung semenanjung yang menonjol di Selat Inggris. Pada 6000 SM, Guernsey beserta tanjung-tanjung di sekitarnya terpisah dari benua Eropa dan menjadi kepulauan. 
2. Atmosfer 
Guernsey memiliki kondisi Iklim Sedang dengan musim dingin ringan dan musim panas yang cerah hangat. Bulan-bulan terpanas adalah bulan Juli dan Agustus, suhu rata-ratanya 20 ° C (68 ° F) tapi kadang-kadang mencapai 24 ° C (75 ° F) . Rata-rata, bulan terdingin adalah Februari dengan suhu rata-rata udara rata-rata mingguan 6 ° C (42.8 ° F) . Rata-rata suhu udara mingguan mencapai 16 ° C (60.8 ° F) pada bulan Agustus.  
Salju jarang jatuh dan biasanya hanya dalam kurun waktu yang singkat. Kemungkinan besar salju turun pada bulan Februari. Suhu udara jarang turun hingga di bawah titik beku, meskipun hembusan angin dingin dari angin Arktik kadang-kadang dapat membuatnya merasa seperti beku. 
Hujan paling tinggi intensitasnya pada bulan Desember dengan rata-rata 108 mm/4.3 inc, di bulan November rata-rata 98 mm/3.86 inc, dan Januari rata-ratanya 89 mm/3.50 inc. Juli merupakan bulan tercerah dengan catatan sinar matahari 250 jam. Pada Desember hanya tercatat 50 jam tercatat sinar matahari karena 50% dari hari-harinya didominasi oleh mendung.
3. Hidrosfer
Air laut seolah-olah mendominasi pulau yang memiliki garis pantai 48 Km. Keberadaan air permukaan di pulau Guernesey sangatlah minim. Karena pulau ini merupakan pulau yang relatif kecil.  
4. Biosfer
Hewan-hewan nasional dari Pulau Guernsey adalah keledai dan sapi Guernsey Sapi Guernsey adalah ikon internasional lebih terkenal dari pulau itu. Orang Guernsey secara tradisional dijuluki keledai atau anes, terutama oleh orang Jersey (yang pada gilirannya dijuluki crapauds - kodok ). Penduduk dari masing-masing paroki di Guernsey juga punya nama panggilan tradisional. Bunga Lily Guernsey , Nerine sarniensis ( Sarnia adalah nama tradisional dari pulau Guernsey dalam bahasa Latin ) juga digunakan sebagai simbol pulau, meskipun spesies ini sebenarnya diperkenalkan ke pulau dari Afrika Selatan.
II. Kajian Manusia
1. Kependudukan
Penduduk Guernsey berjumlah 65.068 jiwa (Juli 2011 est). Usia rata-rata untuk pria adalah 41,1 tahun dan untuk wanita adalah 43,2 tahun. Tingkat pertumbuhan penduduk adalah 0,438% dengan 10,13 kelahiran / 1.000 penduduk, 8,44 kematian / 1.000 penduduk, dan 2,69 migran/ 1.000 penduduk. Harapan hidup adalah 79,5 tahun untuk pria dan 84,95 tahun untuk wanita. 1,54 anak lahir per wanita. Kelompok etnis terdiri dari Inggris dan Norman-Perancis.
2. Ekonomi
Pelayanan financial menjadi sektor utama di pulau ini. Jasa keuangan, seperti perbankan, pengelolaan dana , dan asuransi, mencapai sekitar 32% dari total pendapatan Guernsey. Pariwisata, manufaktur, dan hortikultura, terutama tomat dan bunga potong telah mengalami kemunduran. Guernsey menerbitkan sendiri koin sterling  dan uang kertas. Mata uang Inggris juga beredar secara bebas dan bergantian. 
Pelayanan publik, seperti air, air limbah, dua pelabuhan utama dan bandara masih dimiliki dan dikontrol oleh Serikat Guernsey. Listrik dan jasa pos telah dikomersialisasikan oleh Amerika dan sekarang dioperasikan oleh perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Amerika dari Guernsey. Guernsey Telecoms, yang menyediakan layanan telekomunikasi, dijual oleh Amerika untuk Telepon Kabel & Wireless. Newtel adalah perusahaan telekomunikasi alternatif pertama di pulau yang menyediakan berbagai layanan telekomunikasi bisnis dan perumahan serta pusat spesifikasi data yang tinggi. Wave Telecom , yang dimiliki oleh Jersey Telecom , juga menyediakan beberapa layanan telekomunikasi.
Infrastruktur dibangun dengan sangat baik di pulau ini, sistem hukum independen, keamanan yang terkandung di dalamnya dan berbagai keterampilan profesional yang terkait dengan industri keuangan. Pulau ini sudah menjadi lokasi penting untuk hosting industri perjudian internasional. Port Group lama sekarang dalam proses mengembangkan Guernsey data Taman skala  besar, fasilitas aman dan spesifikasi tinggi hosting untuk semua jenis industri. Guernsey merupakan lokasi yang ideal untuk pusat data dan dapat memanfaatkan iklim yang bersahabat selama hampir 100% pendingin udara bebas dan berencana untuk menghasilkan karbon rendah, listrik terbarukan dari sumber daya lokal pasang surut
3. Politik
Guerney adalah sebuah depedensi mahkota (Britania Raya yang berstatus Bailliwick (semacam daerah kekuasaan) di lepas pesisir Normandia. Selain pulau Guernsey, Bailiwick Guernsey juga mencakup Pulau Alderney, Sark, Herm, Jethou, Brecqhou ,Burhou dan pulau-pulau kecil lainnya. Bailiwick Guernsey bersama dengan Bailiwick Jersey membentuk Kepulauan Channel. 
Wilayah dependensi adalah wilayah yang oleh karena suatu hal tidak dapat meraih kemerdekaan atau kedaulatan seperti layaknya sebuah Negara. Suatu dependensi dapat di golongkan dari segi jenis dan ketingkatan. Wilayah dependensi berbeda dengan entitas subnasional suatu negara karena keduanya mewakili golongan pemisahan yang berlainan. Suatu entitas subnasional biasanya mewakili pembagian wilayah negara, sedangkan wilayah dependensi dapat berupa wilayah luar negeri, sebuah negara dengan status otonomi yang lebih besar. Defense mahkota adalah Area yang secara terpisah dinamakan belum merdeka atau wilayah yang dipersengketakan, dijajah,  tapi mempunyai pemerintah dalam pengasingan  atau memiliki gerakan kemerdekaan yang berpengaruh kuat.
Guernsey memiliki otonomi penuh atas urusan internal dan hal-hal eksternal tertentu, topik kemerdekaan penuh dari Kerajaan Inggris telah dibahas secara luas dan sering, dengan ide-ide mulai dari kemerdekaan Guernsey mendapatkan sebagai Dominion ke bailiwicks dari Guernsey dan Jersey bersatu dan membentuk Negara Federal independen dalam Persemakmuran, dimana kedua pulau mempertahankan kemerdekaan mereka berkaitan dengan urusan dalam negeri tetapi internasional, pulau-pulau akan dianggap sebagai satu Negara.
Guernsey dibagai menjadi 10 wilayah yaitu meliputi Castel, Hutan, St Andrew, St Martin, St Peter Port, St Pierre du Bois, St Sampson, St Saviour, Torteval, Lembah dengan pusat kotanya St Peter Port.
Lagu kebangsaan God Save the Queen (resmi), Sarnia Cherie dan hari Nasionalnya adalah 9 Mei.
4. Budaya
Bahasa Inggris adalah bahasa digunakan secara umum oleh mayoritas penduduk, sementara Guernésiais (yang bahasa Norman pulau) diucapkan dengan fasih oleh hanya sekitar 2% dari populasi (menurut sensus 2001). Sercquais diucapkan oleh beberapa orang di Pulau Sark dan Auregnais diucapkan di Pulau Alderney hingga akhirnya punah pada awal abad kedua puluh
Victor Hugo menulis beberapa yang paling terkenal karya-karyanya selama di pengasingan di Guernsey, termasuk Les Miserables . Rumahnya di St Peter Port, Hauteville House, sekarang menjadi museum yang dikelola oleh kota Paris. Pada 1866, ia menerbitkan sebuah novel diatur dalam pulau, Travailleurs de la Mer ( sang pekerja keras Laut ), yang didedikasikan untuk pulau Guernsey.

B. JERSEY 
I. KAJIAN FISIK
1. Lithosfer 
Jersey adalah sebuah pulau berukuran 118,2 kilometer persegi (65569 vergée  / 46 sq mi), termasuk reklamasi tanah dan zona intertidal. Terletak di Selat Inggris, sekitar 12 mil laut (22  km , 14  mil ) dari Semenanjung Cotentin di Normandia, Prancis dan sekitar 87 mil laut (161 km; 100 mil) selatan dari Inggris. Pulau ini adalah pulau terbesar dan paling selatan dari Kepulauan Channel.
Topografinya relatif datar dengan ketinggian tanah maksimum 136 m (446 kaki) di atas permukaan laut di WA 57795 06708 (saat ini UTM30 grid). Medannya terdiri dari dataran landai dari teluk berpasir yang panjang di selatan ke tebing terjal di sebelah utara. Dataran tinggi dipotong oleh lembah sepanjang utara-selatan.
2. Atmosfer 
Iklim Jersey adalah iklim sedang dengan musim dingin ringan dan musim dingin. Suhu rata-rata tahunan adalah 11,6 ° C (52,9 ° F) hampir sama dengan Pantai Selatan Inggris. Jumlah Rata-rata sinar matahari tahunan adalah 1912 jam
3. Hidrosfer
Pulau ini di dominasi oleh daratan dengan jumlah air permukaan yang sangat minim. Hampir jumlah air permukaan mencapai angka 0%.
4. Biosfer
Terdapat empat mamalia kecil asli pulau ini: tikus kayu (Apodemus sylvaticus), Jersey bank tikus (Myodes glareolus Caesarius), Lesser tikus kesturi bergigi putih (Crocidura suaveolens) dan tikus kesturi Prancis (Sorex coronatus). Tiga mamalia liar: kelinci (diperkenalkan pada periode abad pertengahan), tupai merah dan landak (keduanya diperkenalkan pada abad ke-19). Para cerpelai ( Mustela erminea ) namun punah di Jersey antara tahun 1976 dan 2000. Kadal Hijau ( Lacerta bilineata ) adalah spesies reptil yang dilindungi. 
Pohon yang dianggap asli pulau ini adalah alder ( Alnus glutinosa ), perak birch ( Betula Pendula ), cokelat manis ( Castanea sativa ), hazel ( Corylus avellana ), hawthorn ( Crataegus monogyna ), beech ( Fagus sylvatica ), abu ( Fraxinus semakin tinggi ), aspen ( Populus tremula ), ceri liar ( Prunus avium ), blackthorn ( Prunus spinosa ), bonggol kayu ek ( Quercus Ilex ), ek ( Quercus robur ), Salix cinerea , penatua ( Sambucus nigra ), elm ( Ulmus spp.) , dan medlar ( Mespilus germanica ). Di antara spesies dikenali yang penting adalah telapak kubis ( Cordyline australis ) telah ditanam di wilayah pesisir dan dapat dilihat di banyak taman.
Spesies laut Terkemuka, termasuk ormer , Conger , bass , berombak ray , abu-abu belanak , Ballan wrasse dan garfish . Mamalia laut termasuk lumba-lumba bottlenosed  dan abu-abu segel .

II. KAJIAN MANUSIA
1. Kependudukan
Sekitar 50% populasi Jersey bukan penduduk pribumi. 30% populasi terkonsentrasi di Saint Helier, satu-satunya kota di Jersey. Dari 88.000 penduduk, 40%-nya keturunan Jersey/Norman dan 40% lainnya keturunan Britania. Kelompok minoritas terbesar adalah orang Britania, Portugal (terutama orang Madeira), Irlandia dan Polandia. Komunitas Perancis juga hadir di sana. Sebagian besar penduduk asli Jersey menganggap dirinya warga Britania dan menghargai hubungan khusus antara Mahkota Britania dan Jersey. Tahun 2011 penduduk jersey mengalamai kenaikan hingga mencapai total 97,857 penduduk
2. Ekonomi
Ekonomi Jersey didasarkan pada jasa keuangan (43% dari GVA tahun 2009), pariwisata (hotel, restoran dan bar membuat 3% dari GVA tahun 2009), perdagangan elektronik , dan pertanian (2% dari GVA tahun 2009). 
Berkat spesialisasi dalam tinggi kembali beberapa sektor, pada daya beli paritas Jersey memiliki output ekonomi tinggi per kapita, secara substansial di depan semua perekonomian besar di dunia maju. pendapatan nasional bruto tahun 2009 adalah £ 3700000000 (sekitar £ 40.000 per kepala populasi). Namun, ini bukan indikasi daya beli masing-masing penduduk individu, dan standar hidup yang sebenarnya di Jersey adalah sebanding dengan yang di Inggris di luar pusat kota London. 
Produk pertanian utama adalah kentang dan produk susu; pangsa pertanian dari GVA meningkat 5% pada 2009. Sapi Jersey berjenis kecil dikenal luas karena kaya akan susu dan krim, meskipun kualitas dagingnya juga dihargai dalam skala kecil. Jumlah ternak pada tahun 2009 adalah 5.090 hewan. Perikanan dan akuakultur memanfaatkan sumber daya laut Jersey ke nilai total lebih dari £ 6 juta di 2009.

53.460 orang dipekerjakan di Jersey pada tanggal 2010: 24% di jasa keuangan dan hukum; 16% pada perdagangan grosir dan eceran, 16% di sektor publik; 10% di bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya jasa sektor swasta, 10% dalam konstruksi dan penggalian; 9% di hotel, restoran dan bar.
3. Politik
Jersey memiliki pemerintahan sendiri demokrasi parlementer di bawah monarki konstitusional , dengan finansial independent, hukum dan peradilan sistem. Selain Pulau Jersey, bailiwick ini juga terdiri dari pulau tidak berpenghuni Minquiers dan Ecrehous. Jersey bersama dengan Bailiwick Guernsey, membentuk Kepulauan Channel. Britania Raya bertanggungjawab atas pertahanan pulau-pulau ini. Namun Jersey bukan bagian dari teritorial Britania maupun Uni Eropa, melainkan kepemilikan terpisah the Crown.
Legislatif unikameral Jersey adalah Majelis Serikat Jersey . Ini termasuk lima puluh satu anggota terpilih: sepuluh senator: dua belas Connétables (sering disebut 'polisi', kepala paroki ) dan dua puluh sembilan wakil (mewakili konstituen), semua dipilih untuk pemerintahan empat  tahun dari pemilu Oktober 2011. Ada juga lima kursi yang tidak memiliki hak suara anggota namun ditunjuk langsung oleh Crown yaitu: Bailiff , para Gubernur Letnan Jersey, para Dekan Jersey , Jaksa Agung dan Jaksa Agung.
Sistem hukum Jersey dipengaruhi oleh beberapa tradisi hukum yang berbeda, khususnya hukum adat Norman  , hukum umum Inggris dan hukum sipil modern Prancis 
Jersey dibagi menjadi 12 wilayah yaitu Grouville ,Saint Brélade, Saint Clément, Saint Helier, Saint John, Saint Lawrence, Saint Martin, Saint Mary, Saint Ouen, Saint Peter, Saint Saviour, dan Trinity dengan Saint Helier sebagai pusatnya. 
Bahasa resmi Inggris, Perancis, Jerriais(bahasa daerah), dengan mata uang Pound Jersey (setara dengan Pound Sterling). Lagu kebangsaan Jersey adalah Ma Normandie, God Save the Queen dan hari nasionalnya 9 Mei.

4. Budaya
Sampai abad 19, penduduk asli memakai bahasa Jèrriais sebagai bahasa pulau, meskipun Perancis digunakan untuk bisnis resmi. Selama abad ke-20 yang pergeseran bahasa terjadi secara intens dan hari ini Jersey didominasi bahasa Inggris. Jèrriais tetap bertahan; sekitar 2.600 pulau (tiga persen) yang diperhitungkan dan dijadikan bahasa kebiasaan, dan sekitar 10.000 (12 persen mengklaim beberapa pengetahuan tentang bahasa tersebut, terutama di antara para lansia di paroki-paroki pedesaan. Ada upaya untuk menghidupkan kembali Jèrriais di sekolah, dan jumlah tertinggi pembicara Jèrriais dinyatakan berada di ibu kota.
Pulau ini sangat terkenal karena Pertempuran Bunga , karnaval diadakan setiap tahun sejak 1902. Festival lain termasuk La Fete de Noué (Festival Natal), La Faîs'sie d'Cidre (festival cidermaking), Jersey Live Music Festival, Branchage Film Festival, festival makanan, dan acara paroki.
Musik tradisional rakyat dari Jersey merupakan hal yang umum di  negara sampai pertengahan abad ke-20. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari tradisi musik dari benua Eropa, dan mayoritas dari lagu dan lagu yang telah didokumentasikan memiliki kesejajaran dekat atau varian, khususnya di Perancis. Sebagian besar lagu-lagu tradisional yang masih hidup berada di Perancis, dengan minoritas di Jèrriais.
Kesimpulan dan Prediksi:
Channel Island merupakan sebuah kepulauan yang berada diantara Inggris raya dan juga Prancis. Kepulauan ini memiliki sejarah yang panjang yang membuat keberadaannya menjadi perdebatan antara dua negara. Kepulauan ini terletak pada  50°LU - 61°LU dan 11°BB - 15°BB. Selain itu Channel Island terdiri dari dua pulau utama yaitu Jersey dan Guernsey dengan masing-masing ibu kotanya Saint Helier dan St Peter Port. 
Channel Island memiliki budaya yang beragam karena perpaduan antara budaya asli, Inggris, dan juga Prancis. Selain potensi jasa yang berkembang, sektor pariwisata merupakan hal yang menjadi salah satu daya tarik dari pulau ini. Kedudukannya yang strategis di antara lautan benua Eropa menjadikannya salah satu poin untuk mengembangkan negara ini sehingga kedepannya tempat ini dapat dijadikan alternatif wisata dan tempat beristirahat. Untuk mendukung kegiatan di Kepulauan ini alangkah lebih baiknya bila dibangun transportasi langsung. Namun, apabila tidak memungkinkan perbaikan dibidang pelayaran sekiranya sangat diperlukan agar jaringan transportasi dan komunikasinya dapat berjalan dengan lancar.  

REFERENSI :
http://www.kemlu.go.id/london/_layouts/mobile/PerwakilanDetail-
http://en.wikipedia.org/wiki/Channel_Islands
http://en.wikipedia.org/wiki/Guernsey - Wikipedia, the free encyclopedia.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Jersey - Wikipedia, ensiklopedia bebas.htm

1 komentar: