Minggu, 14 Oktober 2012

Mengukir kenangan, Pantai Sundak; Gunungkidul

Sundak

     Berbagi cerita dan informasi lagi nih, mumpung baru terobsesi sama pantai dan belum kesampaian menyusur pantainya, maka edisi catatan perjalanan kali ini seputar pantai. Nah pantai mana kali ini? Dan pilihannya jatuh ke pantai Sundak. Pantai sundak sebenarnya sudah terkenal dari dulu, saya juga sudah ke sana beberapa tahun yang lalu, hanya saja baru saat ini saya bisa berbagi catatan perjalanan ini.
      Pertama kali saya ke pantai ini ketika saya masih SMP kelas 8 jadi sekitar.... ehm....  6 tahun lalu! Hehehe, tapi terakhir saya ke sana tahun 2009 kemarin. Ah ini benar-benar a beautiful memory, walau sudah cukup lama sih. Tapi berharap saja tidak ada perubahan yang dominan di pantai yang dulunya saya ingat sebagai pantai yang cantik, indah, nan asri ini. 

     Pantai Sundak ini berada di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Yup pantai ini masih satu rumpun dengan pantai Baron. Jadi tak usah khawatir tersesat karena petunjuk jalan menuju pantai ini sudah sangat jelas. Hanya perlu menempuh perjalanan beberapa kilo lagi untuk dapat mencapai Pantai Sundak bila ditempuh dari Pantai Baron. Saya ingat, saya pernah tergila-gila kepantai ini hingga dalam satu minggu saya berangkat dua kali ke lokasi yang sama. Hahaha, menyenangkan kawan ketika bisa menghabiskan banyak waktu di sini bersama teman maupun dengan keluarga.
Pantai Sundak
      Pantai Sudak merupakan pantai dengan balutan pasir putihnya. Di pantai ini juga masih identik dengan gugusan karang yang membatasi antara laut dengan bibir pantai. Hampir semua pantai di sisi sebelah timur Yogyakarta memiliki ciri tersebut kecuali pantai Baron. Bila pengujung masuk ke dalam air maka akan ditemukan kehidupan biota-biota laut di sana yang memiliki perbedaan warna dan bentuk. Seperti melihat aquarium raksasa di sini. Waktu saya datang ke sana, teman-teman serius sekali mengumpulkan kepompong laut, yang alhasil dikembalikan juga. Sayang katanya kalau mati di tengah perjalanan pulang.
     Suasana di pantai ini cukup asri. Di bagian barat pantai ini terdapat pepohonan yang cukup rindang. Di pantai ini sudah banyak didirikan berbagai fasilitas dan juga pemukiman penduduk. Pengunjung bisa saja menginap di sini. Namun, walauppun sudah terbagun, panti ini tetap tidak kehilangan suasana alamnya yang bersih dan sejuk. Selain itu, daya tarik lainnya adalah pantai ini juga memiliki mata air yang dijadikan warga sebagai sumber air sehari-hari. 
      Banyak sekali cerita menarik di pantai ini, salah satunya adalah perkelahian antara anjing dan landak yang legendanya menjadi asal muasal pantai ini. Anjing (dalam bahasa jawa bernama Asu) dan Landak sehingga menjadi nama pantai Sundak dan berbagi cerita lainnya. Tak heran karena daya tariknya pantai ini menjadi salah satu unggulan tempat wisata di daerah Gunung kidul. 
Urri Chingu
      Terik matahari pun seakan bersahabat dengan kami. Walaupun tetap terasa panas tapi tidaklah menyengat. Banyak sekali kenangan di pantai ini. Keluarga, sahabat, dan teman-temanku seakan mengisi setiap memori pantai ini. Kalian juga, selamat menikmati dan berbagi kenangan di Pantai Sundak. Semangat menjelajah!

My lovely buddy
My lovely buddy 2
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar