Selasa, 11 Desember 2012

Resensi Novel Korea : After the Wedding

After The Wedding

After the Wedding by Kim Ji Oh
    
    Lagi-lagi lagi aku mengangkat sebuah novel bacaan pribadiku, judulnya After The Wedding. Kalian tahu, ini novel Korea pertama yang aku baca. Novel ini merupakan hasil karya penulis asli Korea Selatan yang bernama Kim Ji Oh.  Novel ini di terbitkan oleh Penerbit Qanita, PT Mizan Pustaka dengan tebal 296 halaman.
    Seperti judulnya, novel After The Wedding ini menceritakan kehidupan sepasang suami istri sesudah menikah. Takoh utama laki-laki (Hyun sung) merupakan lelaki yang tampan serta memiliki karir yang baik itu jatuh cinta pada seorang wanita polos yang masih duduk di bangku kuliah (Min Jung). Keduanya yang dipertemukan dengan tidak sengaja itu benar-benar jatuh cinta satu sama lain yang berujung pada pernikahan Min Jung di usianya yang masih sangat muda. Ia pun harus meninggalkan bangku kuliahnya.
   
Namun, cinta tidaklah cukup untuk membangun sebuah keluarga. Kehidupan Min Jung dan Hyun Sung dihantui oleh perasaan-perasaan yang membuat mereka saling tak memahami satu sama lain dan cinta itu justru menyakiti perasaan Min Jung. Selain itu berbagai kejadian membuat Min Jung justru ketakutan dengan suaminya dan hal ini berujung pada pelarian Min Jung ke Pulau Jeju.
    Hyun Sung yang tidak bisa mengungkapkan rasa cintanya dan Min Jung yang terlalu kekanak-kanakan membuat keduanya terjebak dalam diri mereka masing-masing. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik dari novel ini. Perasaan dan emosi pembaca akan benar-benar “diuji” sehingga tak hanya logika yang bermain namun juga hati. Selain itu, novel ini syarat akan bagaimana makna dari sebuah cinta dan perasaan. Tak hanya itu, dalam setiap bab terdapat berbagai kata yang dapat membuat pembaca memahami berbagai makna kehidupan seperti, “Jika kita mengesampingkan perasaan obsesif dan lebih memperhatikan pasangan kita, cinta akan terlihat. Dan kita akan mencintai pasangan kita dengan benar (hlm.242)” 
    Yang menjadi  kekurangan walau bukan sepenuhnya mutlak adalah dalam hal gaya bahasa yang sedikit berbeda. Mungkin satu dua kalimat akan sukar di pahami, namun secara keseluruhan novel ini bagus di baca terutama untuk dewasa. Saya kurang menyarankan untuk remaja karena novel ini menceritakan kehidupan setelah pernikahan. 
    Demikian, terimakasih dan selamat membaca....  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar