Sabtu, 09 Desember 2017

Bukit Klangon - Renungan di Pagi Hari

"Menikmati setiap alunan pesan dalam kesunyian, so calm dan stay longing..."
Bukit Klamgon Rabu, 6 Desember 2017

Bukit Klangon, Tujuan tiga pendekar pagi kali ini. Foto ini belum maksimal, kalau tidak berkabut, Gunung Merapi tepat dibelakang kami, tepat di mana awan putih itu tu. Dari Kiri ke Kanan Tiwi, Ayu, dan Ana.
Alarm pukul 04.00 pagi membuat mata kami bertiga terjaga, bukannya sesegera mungkin bangun namun kami justru meraih selimut kami lebih rapat. Dingin. Kami kembali memejamkan mata sejenak sampai alarm pukul 04.45 berbunyi. Barulah kesadaran menghampiri kami. Kami tidur bersama malam ini karena memiliki tujuan pergi di pagi hari dan ini sudah 45 menit melebihi kesepakatan tadi malam. Buru-buru kami bergantian bersih-bersih, ganti baju, dan juga shalat sebelum akhirnya siap melakukan perjalanan.

Tujuan kami adalah Bukit Klangon yang ada di Glagahharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Sebenarnya tempat ini jaraknya tidak begitu jauh dari tempat tinggal kami, namun karena susahnya akses ke sana, akhirnya tujuan ini belum terjamah juga hingga pagi ini. Nekat saja, dengan bermodalkan google maps, arahan dari bapak-ibu, dan kepingan ingatan, kami mengendarai motor kami menuju Klangon. Kami melewati rute Jl. Merapi Golf, Sungai Gendol, Srunen, baru sampailah kami di Klangon. Rute ini adalah rute tercepat namun dengan jalan yang offroad terutama di sekitaran Sungai Gendol. Maklum lah ya, namanya juga sungai, pasti isinya jalan berpasir dan berbatu. Kami harus ekstra hati-hati dan fokus pada jalan yang kami lewati. Pastikan kendaraan berada di kondisi prima. Masuk ke dusun Srunen (tempat peristirahatan terakhirnya Mbah Maridjan), jalanan sudah mulai beraspal dan mudah dilewati. Kami sudah ketemu dengan permukiman penduduk dan aktivitas pagi masyarakat sekitar sudah mulai menyapa pagi hari kami. Suasana desa yang begitu terasa asri.
Jepretan Merapi terganteng saat itu. Gagah dan gumegrah yes!

Kami sampai Bukit Klangon jam 6 kurang. Suasana pegunungan langsung menyambut kami dan Gunung Merapi menjulang dengan gagahnya di sebelah utara kami. Klangon merupakan salah satu tujuan wisata pegunungan dengan panorama utama Gunung Merapi. Dari sini, Merapi terlihat begitu besar dengan bukaan kawah langsung menghadap ke wilayah ini. Begitu gagah, besar, namun juga begitu mengintimidasi kami. Begitu tegas dan kuat mengingatkan betapa eloknya kekuatan ledakan skala 4 (material lebih dari 100 juta meter kubik) tahun 2010. Kami duduk sejenak, beristirahat setelah perjalanan yang melelahkan dan menikmati serta merenungkan sebuah karya dan kuasa Tuhan melalui eloknya bentang alam di depan kami. Entah kenapa, bagi kami masyarakat yang hidup berdampingan dengan Gunung Merapi, setiap kali kami memandang gunung tersebut kami lantas terdiam untuk beberapa saat. Mengulang dengan jelas kejadian yang seperti baru kemarin terjadi.

Aktivitas piknik kami di mulai, sambil sarapan kami mencoba mengeksplorasi tempat foto yang bagus. Ya, tidak lengkap rasanya kalau bepergian tanpa membawa pulang oleh-oleh foto. Klangon merupakan salah satu top selfie yang di buru. Tidak mudah berburu di tempat ini, selain karena faktor cuaca, kabut dan juga keberuntungan, kita juga harus datang ke tempat ini di pagi hari. Kalau sudah siang atau sore, jarang sekali Gunung Merapi terlihat apalagi kalau musim penghujan. Jadi bersiaplah bangun pagi-pagi. Tantangan yang berat bagi saya. Haha

Pemandangan Kota di Bagian Sebelah Selatan. Aslinya lebih Sedap Guys!
Pagi itu kami tidak mengelilingi seluruh wilayah Klangon karena keterbatasan waktu kunjungan kami. Kami kabur di hari kerja, kebetulan dua di antara kami mendapat pengganti libur. Jadi kami hanya berputar-putar di sekitar tempat foto-foto. Fasilitas di wisata ini sudah lengkap meliputi petunjuk jalur wisata, toilet, mushola, tempat parkir yang luas, jalur tracking, jalur tril, jalur downhill, dan warung/kantin apabila ingin ngopi atau nongkrong. Dari bukit ini, kita juga bisa menyaksikan pemandangan kota di sisi sebelah selatan.

Bagaimana? Berminat?
Ayo liburan kawan ! Happy Holiday!