Selasa, 24 Februari 2015

Review Novel Sweet Melody #1 by Baek Myo

Cover Sweet Melody 1
Sweet Melody
Genre: drama, romance
Kategori: fiksi, novel remaja, novel terjemahan Korea
Penulis: Baek Myo
ISBN: 978-602-7742-15-4
Ukuran: 14x20 cm
Tebal: 336 halaman
Harga: Rp. 57.000

Terbit: Juli 2013








“Musik adalah kebebasan menuju dunia yang tidak diketahui”

Hwan kabur dari rumah.

Selama berbulan-bulan, ia merasakan pahitnya kehidupan di jalanan, termasuk dikejar oleh kumpulan preman. Saat sedang bersembunyi di sebuah gereja, Hwan bertemu dengan empat pemuda tampan yang sedang berlatih musik. Mereka membantunya lepas dari kejaran para preman itu.
Hwan mengira ia cukup mengucapkan terima kasih pada mereka. Namun tiba-tiba, para pemuda itu mengajaknya bergabung dengan bandmereka.
“Namamu bagus. Kau tahu apa yang terjadi kalau kita memilih anggota yang namanya bagus? Saat memperkenalkan diri dengan nama yang keren, penonton pasti akan bersorak-sorai!”
Alasan apa pula itu?!
Ketika akhirnya Hwan setuju untuk bergabung, keempat pemuda itu berteriak gembira, “Waah! Sekarang terbentuklah band beranggotakan lima pria!”
Mendengar seruan gembira itu, Hwan berpikir, Tunggu. Aku... aku kan perempuan!

Yuhuu, akhirnya kereview juga ni novel *terharu!


Sweet Melody, aku berfikir awalnya ini adalah novel yang menceritakan sekumpulan anak band yang mampu membuat musik dengan harmonni yang berbeda. Namun, tidak seperti itu. Sweet melody #1 ini adalah novel pertama dari dua seri yang menceritakan anak-anak dengan latar belakang berbeda, menjadi satu dalam sebuah band karena daya tarik dan ikatan yang tak mampu mereka wujudkan dengan kata-kata. Ikatan itu alami dan mengingkat erat dalam hati mereka. Uh, satu poin plus dalam novel ini adalah ikatan persahabatan mereka yang tak peduli latar belakang. Kereen.



Hwan adalah “center” dari Sweet Melody. Main ceritanya adalah kisah hidup Hwan dan bagaimana semua orang yang bertemu dengannya tertarik secara batin oleh Hwan. Hal ini membuat semua orang yang pernah bertemu dengan Hwan berusaha untuk memiliki Hwan. Memiliki dalam hal ini tidak berarti dalam hubungan asmara, karena mereka taunya Hwan itu adalah laki-laki! Tokoh laki-laki dalam novel ini mulai dibuat galau deh dengan pertanyaan. “Apa aku tidak normal?” “Apa aku benar-benar menyukai laki-laki?” . Namun walaupun Hwan sebagai center dari cerita ini, kehadiran tokoh-tokoh lain membuat novel ini kocak dan penuh warna. Setiap tokoh juga memiliki masalah keluarga sendiri-sendiri yang nantinya menumbuhkan qoute-quote keren dan bijaksana. Mereka mendewasakan diri bersama teman-teman satu bandnya. 

Banyak yang dapat kita ambil dari novel ini, bahwa “hidup yang kita pikir buruk, tidak lebih buruk dari pada milik orang lain”, bahwa “apa yang kita lihat tidak selalu benar”, bahwa “tidak semua orang yang berkecukupan itu cukup bahagia” dan “bahwa mungkin, walau kita menjadi orang yang terdekat dengan seseorang, kita justru orang yang paling tidak tau tentang orang itu” dan masih banyak hal pelajaran yang dapat kita ambil.

Sweet Melody adalah novel yang cocok untuk remaja, dimana masalah keluarga, persahabatan, dan cinta yang rumit itu menjadi genre yang diangkat dari novel ini. Membacanya membuat kita untuk melihat dan memikirkan lagi semua tindakan kita lakukan, membuat kita tertawa dan terharu dengan kisah-kisah mereka.

“Saat kita takut, memang tidak apa-apa melarikan diri, tapi kalau selamanya melarikan diri kita tidak akan bisa hidup. Kalau setiap kali takut, lalu melangkah mundur maka tidak akan ada perkembangan”

Ya jika harus mendeskripsikan Sweet Melody menjadi satu kata, maka kata itu adalah tentang “perjuangan”. Perjuangan untuk menjalani hidup yang berat, perjuangan untuk tidak menyerah, perjuangan untuk yakin, dan perjuangan untuk percaya.

So Lets Chek This Out!

Sweet Melody yang aku tulis ini adalah seri pertama, jadi cerita di sini masih belum selesai. Akhir dari semua cita dan cinta mereka ada di Sweet Melody 2. Aku juga nggak sabar bacanya ! >_<

Happy reading!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar