Rabu, 26 April 2017

Tentang Kamu novel by Tere Liye; Iklaslah, maka Kehiklasan itu akan Merengkuhmu dalam Kedamaian

"Keikhlasan itu memang hal yang sulit, tapi sulit tidak berarti tidak mungkin... Namun, benar adanya, bahwa selama kita ikhlas, maka yang kita punya adalah kebahagiaan pernah mengalaminya."
AI 21 April

Judul : Tentang Kamu
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika 
Tebal Buku : 524 hal
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2016

Sinopsis
Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita. 
Terima kasih. Nasihat lama itu benar sekali, aku tidak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi. 
Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi. Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalir seperti sungai kehidupan.


Saya berkali-kali jatuh cinta. Entah apa genre saya sebenarnya, tapi Tere-Liye tidak pernah atau setidaknya belum pernah mengecewakan saya. “Tentang Kamu” ini menjadi salah satu cerita yang sangat menyentuh hati.

Tentang kamu, tentang banyak hal. Cinta, sabar, keikhlasan, hati yang jernih dan tentang Kamu. Semua cermin kebaikan itu terkemas dalam diri Sri Ningsing, tokoh utama dalam cerita ini. Kehidupannya yang penuh dengan cobaan membuatnya menjadi manusia seutuhnya. Novel ini bagaikan sebuah ungkapan dimana “semakin Tuhan mencintaimu, semakin sering pula ia menguji kecintaanmu”. Sri menjadi tokoh yang menurut saya sangat menyedihkan di novel ini karena ujian yang diberikan padanya begitu sulit. Saya sampai meraih tisu di samping tempat tidur saya, benar-benar deh. 

Seperti cermin yang refleksinya pada sosok kita sendiri,. Novel ini membuat saya terus bercermin. Apakah saya sudah  bisa menerima semua ketetapan-Nya dengan ikhlas? Apa saya sudah banyak bersyukur? Apakah saya kuat jika kaki saya ada di posisi Sri? Ah, begitu banyak pertanyaan yang saya ajukan.

Seperti biasanya saya selalu memberikan note pada setiap novel yang saya baca. Novel ini memiliki banyak hal, banyak yang bisa kita petik manfaatnya. Saya menggaris bawahi makna sebuah kesabaran dan usaha yang begitu besar dalam novel ini. Sisi kehidupan yang kadang membuat kita putus asa. Namun, Sri selalu mendapatkan jawaban dari semua makna kehilangan. Jawaban yang cukup untuk membuat hidupnya menjadi sangat sederhana.  524 halaman, tidak ada yang kurang. Hanya saja dari awal saya seolah bisa melihat hantu yang bergentayangan dalam novel ini. Walau terlihat tapi itu menurut saya tidaklah penting. Cukuplah satu tokoh protagonis untuk mengantarkan banyak pelajaran hidup.    

“Karena pada akhirnya, semua hal memang akan selesai, memiliki ujung kisah. Maka saat itu berakhir, aku tidak akan menangis sedih, aku akan tersenyum bahagia karena semua hal itu pernah terjadi” 
halaman  409

Quote yang sangat sederhana, mudah dimengerti, gampang dipahami, tapi begitu sulit untuk dilakukan. Kita tidak dibiasakan untuk melihat suatu hal dari sisi orang lain, itulah yang membuat hidup terasa sulit. Namun jika kita benar-benar mengerti dimana inti kalimat itu, maka semuanya akan baik-baik saja. Sabar dan ikhlas adalah kunci yang harus selalu kita cari dalam hidup ini.

Suatu bacaan yang luar biasa!

Happy reading!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar