Jumat, 02 Maret 2012

ANALISIS HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA ANTROPOSFER DENGAN TRANSPORTASI UDARA

GEOGRAFI TRANSPORTASI DAN KOMUNIKASI
OLEH                 : ANA INDRIYANI
PENDIDIKAN GEOGRAFI

            Transportasi merupakan salah satu hasil dari perkembangan daya pikir manusia dalam rangka  mempermudah segala aktifitasnya. Oleh karena itu, pengaruh timbal balik antara manusia dengan transportasi, khususnya transportasi udara sangatlah kuat.
Tentunya manusia memiliki peran yang penting yaitu dalam hal keberadaan dan perkembangan transportasi udara itu sendiri. Peranan manusia dalam transportasi udara ialah:
1.      Sebagai pencipta dan penemu alat transportasi udara untuk pertama kalinya.
2.      Sebagai pengembang dalam  perkembangan teknologi penerbangan. Seiring dengan tuntutan zaman, daya pikir manusia terus berkembang dari waktu kewaktu. Hal ini berdampak pada berkembangnya alat transportasi dari yang masih sederhana hingga secanggih teknologi penerbangan hari ini. Menemukan jenis-jenis alat penerbangan untuk medan dan kondisi tertentu, selain itu  juga pada kapasitas yang bermula untuk satu orang hingga kini menjadi ratusan.
3.      Membantu dalam hal pembangunan sarana dan prasarana yang layak pada pesawat maupun bandar udara.
4.      Penyedia layanan transportasi udara. Semakin diminatinya jalur transportasi udara membuat banyak orang ingin menyediakan layanan penerbangan yang ditandai dengan munculnya berbagai maskapai penerbangan.
5.      Menjadi pengendali , pemantau, maupun pengatur jalur dan pertukaran informasi dan komunikasi dalam trasportasi udara yaitu pilot, teknisi, pengawas pada menara penerbangan, dll.
6.      Menyediakan tempat untuk menempuh pendidikan dalam hal teknologi penerbangan baik dalam hal teknologi ataupun pemberdayaan manusia (pilot, pramugari, teknisi, dsb).
7.      Menyediakan tempat bagai anak-anak dan khalayak umum  untuk mengenal perkembangan teknologi penerbangan melalui museum-museum.
            Selain peran manusia bagi transportasi udara, transportasi udara juga memberikan peranan yang penting bagi manusia. Keberadaan transportasi udara memberikan peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia yaitu:
1.      Menambah penghasilan negara melewati industri penerbangan baik lintas provinsi ataupun lintas negara
2.      Mempermudah dalam hal penyediaan dan perpindahan barang.
3.      Mempermudah mobilisasi manusia dengan lebih cepat.
4.      Menyerap tenaga kerja lebih banyak, karena dengan adanya transportasi udara menyediakan banyak sekali lapangan pekerjaan baru.
5.      Mempermudah manusia untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau baik dalam keadaan normal maupun pada saat terjadi bencana
6.      Dalam bidang kesehatan. Keberadaan tranportasi udara juga sangat membantu dalam hal pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat seperti penyediaan alat-alat kesehatan dan obat-obatan. Di beberapa negara, rumah sakit bahkan menyediakan lapangan udara utuk pesawat kecil seperti helikopter untuk membantu pasien.
7.      Transportasi udara kini juga telah berkembang menjadi wahana rekreasi, seperti: terjun payung, pemandangan alam dari udara, atau alat transportasi kedaerah wisata.
8.      Dibidang militer, transportasi udara juga menjadi salah satu alat pertahanan dan keamanan negara dalam rangka pengamanan kawasan dirgantara.
Dari poin-poin di atas dapat disimpulkan bahwa manusia dan keberadaan transportasi udara memiliki hubungan timbal balik yang erat mengingat keduanya saling memberikan manfaat dan kontribusi satu sama lain.

1 komentar:

  1. tugas dari Mr. Gun terkenal lho an.. banyak yg mencari ternyata :D lanjutkan ! !

    BalasHapus